Telegram Sudah Bisa Hapus Pesan Tanpa Batas Waktu, Begini Caranya - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Telegram

mendatangkan fitur terbaru yang dapat digunakan untuk menghemat isi

pesan

dari sisi pengirim atau penerima tanpa batas waktu.

Sebelumnya, pengguna hanya dapat mengunduh pesan yang hanya dikirim saja. Hanya untuk pesan yang baru dikirim kurang dari 48 jam.

Cara menyimpan pesan di Telegram sendiri sangat mudah. Pengguna cukup tekan pesan yang ingin dihapus selama beberapa detik kemudian pilih ikon "tong sampah" di pojok kanan atas jendela percakapan, ditampilkan pada gambar di bawah (gambar 1).

Baca juga: Telegram Kini Bisa Ubah Gambar "Latar Belakang" Percakapan, Begini Caranya

Setelah itu, jika ingin membaca pesan itu dari lawan percakapan, centang kotak "Hapus juga untuk (nama teman

mengobrol

) "dan klik tombol" Hapus ". Dengan begitu, pesan-pesan yang dikirim akan dihapus, bukan hanya dari pengirim saja, namun juga penerima

obrolan.
Ilustrasi langkah-langkah hapus pesan TelegramKOMPAS.com/Bill Clinten

Ilustrasi langkah-langkah hapus pesan Telegram

Pengguna juga dapat membaca seluruh isi pesan (publikasi percakapan) yang telah dikirim.

Caranya cukup buka percakapan dengan seseorang yang isi pesannya ingin di hapus, kemudian pilih ikon "tiga titik" di pojok kanan atas jendela percakapan dan pilih opsi "Hapus riwayat", seperti digambarkan (2) di atas.

Setelah itu, akan muncul jendela konfirmasi yang dihapus. Untuk memeriksa seluruh isi percakapan dari sisi kedua, centang kotak "Juga jelas riwayat untuk (nama teman mengobrol )" yang bisa dilihat di gambar (3) dan klik tombol "Clear History".

Fitur lainnya mencakup "penerusan anonim", mengatur untuk memuat foto profil pengguna, fitur pencarian di menu "Pengaturan", fitur pencari emoji (khusus Android), dan fitur gestur VoiceOver (iOS) / TalkBack (Android).

Baca juga: WhatsApp Tumbang, Telegram Kebanjiran Pengguna Baru

Fitur "penerusan anonim" dapat digunakan untuk mendapatkan identitas orang yang membuat pesan yang telah di- forward.

Fitur-fitur di atas dapat digunakan pengguna di aplikasi Telegram mulai versi 5.5, dapat dirangkum oleh KompasTekno dari TrustedReviews , Rabu (27/3/2019).



Read More

Komentar